KACONG - Sebelum membeli sebuah smartphone Android second, alangkah baiknya sobat semua membaca artikel ini yaitu enam tips dan trik membeli smartphone second, oke langsung saja simak dibawah ini :

1. Bandingkan Harga Pasaran
Sebelum membeli sebuah smartphone Android second, ada baiknya ada mengecek terlebih dulu harga pasaran dari seri ponsel yang ingin juragan beli. Untuk mempermudah, juragan hanya perlu browsing harga ponsel di internet. Dari sini juragan dapat menetapkan harga rata-rata dari banyak informasi yang juragan dapatkan, karena umumnya harga dapat berbeda-beda karena dipengaruhi oleh kondisi ponsel. Maka juragan jangan terlalu terburu-buru ketika mendapat tawaran membeli smartphone Android second dengan harga yang jauh lebih rendah dari harga pasaran. Bisa jadi handset tersebut dalam kondisi yang tidak baik. Untuk lebih aman, carilah smartphone Android second yang ditawarkan dengan harga awal yang sesuai harga pasaran.

2. Periksa Kelengkapan
Setelah juragan menemukan ponsel second yang diinginkan dan harganya cocok, langkah selanjutanya adalah juragan diharuskan memeriksa kelengkapan dari perangkat tersebut. Beberapa ponsel android pada paket penjualannya secara default disertakan kelengkapan seperti charger, kabel HDMI, headset dan berbagai kelengkapan lainnya. Jangan sampai ada yang tertinggal kelengkapan tersebut agar juragan dapat mengoptimalkan ponsel android juragan dengan sebaik-baiknya.

3. Periksa Garansi
juragan sangat disarankan untuk memeriksa masih ada atau tidak dan sampai kapan masa berlaku kartu garansi tersebut. Bila sudah tidak ada atau tidak berlaku, juragan harus menanyakan penyebabnya secara rinci. Sebab, bisa jadi kartu garansi tersebut sudah tidak berlaku karena sang pemilik sebelumnya pernah membongkar perangkat Android yang ingin juragan beli di luar dealer resmi.
Jika kartu garansi masih ada, maka periksa dengan seksama sampai kapan masa berlakunya. Hal ini penting mengingat ketersediaan dan masa berlaku garansi dapat mempengaruhi harga yang ditawarkan.

4. Periksa Nomor Imei
Pastikan nomor imei perangkat Android sama dengan nomor imei di kardus kemasan penjualan. Pada ponsel Android juragan bisa mengeceknya hanya dengan menekan *#06# lalu call atau yes, atau bisa juga dengan memeriksa stiker imei yang tertempel di bagian belakang perangkat dekat baterai.

5. Periksa Kondisi Fisik
Pastikan ponsel Android second yang akan dibeli mulus tanpa banyak goresan. Lihat juga label dan stiker hologram di bagian belakang HP, untuk melihat apakah sudah pernah diservis atau belum.
Selain itu, jangan lupa memeriksa bagian baterainya. Baterai perangkat Android sangat rawan mengalami penggembungan dan membuatnya menjadi bocor dan mudah habis. Bila juragan menemukan penggembungan pada baterai, lebih baik minta diganti dengan baterai baru yang juga original.
Kondisi fisik bisa sangat mempengaruhi harga perangkat. Semakin banyak cacat yang ada pada bodi ponsel dapat membuat harganya menjadi sangat rendah.

6. Periksa Sensor, Kelengkapan Fitur dan Software
Selain kondisi fisik bodi ponsel, pada sebuah smartphone Android juragan diharuskan memeriksa kondisi ‘jeroannya’, baik itu hardware maupun software-nya. Cobalah dulu seluruh sensor, fitur, dan software yang terdapat pada ponsel Android second yang ingin juragan beli. Bila semuanya bisa berjalan dengan baik, maka ponsel tersebut memang berada dalam kondisi prima. Bila tidak, lebih baik juragan pertimbangkan kembali.

Bagaimana, patut juragan coba bukan?

sumber : Komunikasi Android